Minggu, 23 Agustus 2009

Kepala Babi Digantung di Mushala

Minggu, 23 Agustus 2009 pukul 01:05:00

Kepala Babi Digantung di Mushala


KABAR

Swiss larang pemain basket berjilbab.


TOUL-- Sentimen negatif kembali dilakukan pada umat Islam. Setelah kartun Nabi Muhammad di Denmark dan penayangan film Fitna di Belanda, kini muncul upaya menyudutkan umat Islam di Prancis.

Sebuah mushala kecil milik komunitas Muslim Afrika Utara di Kota Toul, sebelah timur Prancis menjadi sasaran aksi vandalisme. Kepala babi digantung di depan pintu mushala tersebut.

Polisi setempat mengatakan, pelaku vandalisme menorehkan grafiti anti-Islam dan gambar swastika di dinding mushala serta menggantungkan kepala babi di bagian pintunya.

Aksi vandalisme anti-Islam ini dilaporkan oleh seseorang yang kebetulan lewat di depan mushala itu pada polisi pada Rabu (19/8) pagi lalu. Polisi Kota Toul masih menyelidiki kasus ini dan belum ada orang yang dicurigai sebagai pelakunya.

Namun, anggota parlemen Kota Toul, Nadine Morano, yang juga menjabat sebagai menteri muda urusan keluarga di pemerintah Presiden Nicolas Sazkozy, mengecam keras dan menyebut aksi vandalisme itu sebagai tindak kekerasan yang tidak bisa diterima. Ia mendesak pihak kepolisian untuk mencari pelakunya.

Aksi vandalisme terhadap tempat-tempat ibadah Muslim bukan kali ini saja terjadi di Prancis. Seiring dengan makin meningkatnya sikap Islamofobia, dalam dua tahun belakangan ini di negeri yang paling banyak penduduk Muslimnya di daratan Eropa itu, umat Islam mendapatkan teror vandalisme. Selain masjid, pemakaman milik warga Muslim juga kerap menjadi sasaran aksi vandalisme.

Kebijakan pemerintahan sayap kiri Sarkozy dituding sebagai penyebab makin tingginya sikap anti-Islam di Prancis. Setelah diberlakukan larangan berjilbab bagi para Muslimah, pemerintahan Sarkozy membentuk tim khusus beranggotakan 32 anggota legislatif untuk menggodok undang-undang yang melarang para Muslimah mengenakan burqa.

Sejumlah pengamat termasuk komunitas Muslim mengkritik kebijakan Sarkozy itu karena bertentangan dengan prinsip sekulerisme yang dianut Prancis, serta melanggar kebebasan berekspresi dan kebebasan beragama yang dijamin oleh undang-undang Prancis.

''Prancis sedang bertempur dengan nilai-nilai sekulernya sendiri. Kebebasan tidak bisa dihadap-hadapkan atas nama kebebasan itu sendiri. Apakah pemerintah Prancis akan menjadi 'Taliban'-nya Eropa yang mengatur apa yang harus dikenakan perempuan?'' kritik seorang pengamat.

Antijilbab
Sementara itu, Asosiasi Olahraga Basket Swiss mengeluarkan aturan yang tidak memperbolehkan pemainnya yang beragama Islam mengenakan penutup kepala (jilbab), selama berlangsungnya pertandingan liga. Peraturan tersebut dikeluarkan setelah adanya permintaan dari salah satu tim yang ikut bertanding, STV Luzem.

Pihak STV Luzem meminta izin agar salah seorang pemainnya, Sura Al-Shawk, 19 tahun, diperbolehkan mengenakan penutup kepala pada saat bertanding. Warga Swiss keturunan Irak ini memulai debutnya di liga bakset wanita tingkat wilayah sejak awal musim pertandingan, yang dimulai Juli lalu. AP/eramuslim/dia


TV Inggris Tayangkan Kartun Muslim


LONDON-- Stasiun televisi di Inggris berencana menayangkan serial tokoh kartun super hero Muslim yang dikenal dengan The 99. The 99 merupakan karakter super hero yang mengambil dari nama 99 sifat Allah (Asma al-Husna). Tokoh itu dibuat oleh Teshkeel Comics, sebuah perusahaan kreatif kartun yang berbasis di Kuwait, Teshkeel Comics.

Tokoh kartun The 99 ini sebelumnya hadir dalam bentuk buku komik di sejumlah negara-negara Islam, seperti Maroko dan Indonesia. Sekarang karakter The 99 ini, seperti dilansir harian The Telegraph, akan bisa disaksikan di layar televisi di Inggris. Rumah produksi Endemol yang berencana untuk membuat cerita tentang tokoh super hero Muslim ini.

Serial kartun ini tidak hanya akan menampilkan karakter The 99, tetapi juga karakter super hero Muslim lainnya. Karakter super hero lain adalah Batina the Hidden--tokoh super hero perempuan yang akan ditampilkan lengkap dengan burqa--dan Jabbar the Powerful--tokoh super hero yang memiliki karakter seperti Hulk.

Sejak awal, kehadiran serial The 99 ini memang diharapkan bisa menyaingi tokoh-tokoh super hero yang dikenalkan oleh industri Amerika dan negara Barat, seperti Batman, Spiderman, dan Superman, yang banyak digandrungi para penikmat film di dunia. Bahkan, hasil survei majalah Forbes baru-baru ini menyebutkan bahwa komik The 99, termasuk dalam daftar top 20 bacaan yang banyak dicari di dunia.

Dr Naif al-Mutawa, orang yang menciptakan karakter super hero Muslim ini, mengatakan saat ini anak-anak Muslim membutuhkan sosok figur super hero yang berbeda, seperti yang banyak mereka lihat dalam kehidupan nyata.

Tokoh super hero yang akan ditampilkan, sambungnya, adalah yang tidak menganggap orang lain sebagai musuh (meski berbeda keyakinan dan budaya). dia


Pendiri DDI Sulsel Wafat

PINRANG-- Salah seorang Pendiri Darul Dakwah Wal Irsyad (DDI) Sulawesi Selatan (Sulsel), KH AG Muhammad Abduh Pabbaja, meninggal dunia. Ribuan warga Kota Parepare dan Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulsel, Jumat (21/8), mengantar kepergian almarhum ke tempat peristirahatan terakhir.

Bagi masyarakat Pare-pare dan Sidrap, KH AG Muhammad Abduh Pabbaja adalah ulama kharismatik generasi terakhir yang dimiliki Sulsel setelah (alm) AGH Abdur Rahman Ambo Dalle, (alm) AGH Yunus Martan, dan (alm) AGH Daud Ismail.

Menurut sejumlah keluarga almarhum, ulama sepuh ini mengembuskan napas terakhir di rumahnya di kompleks Perumahan Lapadde Mas, Parepare, Kamis (20/8). Kondisi kesehatan Imam Besar Masjid Agung Kota Parepare itu selama ini memang menurun. Sejak Februari 2009 lalu, almarhum tidak pernah lagi ke Masjid Agung.

"Kondisi fisiknya sudah tidak memungkinkan untuk beraktivitas di masjid seperti biasanya. Beliau lebih banyak beristirahat dan berbaring di rumah, namun masih bisa berbicara pelan dan tidak lancar lagi,'' kata Ahmad Pabbaja, salah seorang putra almarhum.

Ia menambahkan, KH AG Muhammad Abduh Pabbaja, yang akrab disapa oleh murid dan masyarakat Parepare, Gurutta Pabbaja, meninggal dunia pada usia 94 tahun menurut perhitungan Hijriyah atau 90 tahun pada penanggalan Masehi. Beliau lahir di Allakuang, pada 20 Muharram 1336 H atau 26 Oktober 1918.

Semasa hidupnya, Pabbaja pernah duduk sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mewakili Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Di era tahun 80-an, Pabbaja juga kerap tampil sebagai juru kampanye partai berbasis Islam tersebut.

Di Masjid Agung Parepare, jenazah dilepas Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel, KH Sanusi Baco LC. Turut hadir Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Parepare, H Muhadir Haddade SH; anggota DPRD, Ir Kaharuddin Kadir MSi; bersama sejumlah pejabat lainnya.

Ketua MUI, KH AG Sanusi Baco LC, mengatakan, almarhum KH Muhammad Abduh Pabbaja adalah sosok ulama yang ikhlas menuntun umat, juga punya pendirian kuat dalam menentang segala pergeseran akidah. "Almarhum Anre Gurutta KH Muhammad Abduh Pabbaja ini memiliki kepedulian terhadap umat yang sangat besar sampai akhir hayatnya," kata Sanusi.

Sementara itu, Ketua Pengurus Besar DDI, Prof Dr H Muiz Kabry, mengatakan, almarhum adalah ulama yang punya pendirian tegas dalam mengambil keputusan untuk kepentingan seluruh umat. "Tapi, di sisi lain beliau juga bersedia menerima pandangan orang lain jika diberikan penjelasan dan pengertian, yang membuat beliau paham," katanya.

Jenazah almarhum dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Allakuang, Maritengngae, Sidrap, setelah dishalatkan. Almarhum adalah pengasuh Pondok Pesantren Al-Furqan, Sidrap. ant

http://www.republika.co.id/koran/153/71137/Kepala_Babi_Digantung_di_Mushala

Tidak ada komentar:

Posting Komentar