Rabu, 25 November 2009

COURSE OUTLINE MATA PELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN MADRASAH TSNAWIYAH MUHAMMADIYAH SERIKEMBANG PONDOK PESANTREN DARUSSALAM

Nama : Muhammad Hailan
Nim : G 000 080 062
Program : Tarbiyah
Mata Pelajaran : Kemuhammadiyahan

1. Deskripsi Mata kuliah
Pelajaran Kemuhammadiyahan adalah merupakan pelajaran yang wajib ada disekolah-sekolah Muhamadiyah. Kemuhammadiyahan pada dasarnya adalah sebuah mata pelajaran yang mana didalamnya, mempelajari tentang isi pokok dari organisasi Muhammadiyah, dan mengajarkan tentang isi pikiran-pikiran KH.A.Dahlan yang telah dituangkannya didalam organisasi Muhammadiyah.
Dan didalam Kemuhammadiyahan juga akan dijelaskan tentang bagaimana ajaran islam menurut pandangan Muhammadiyah, dan akan dijabarkan tentang komponen-komponen yang ada di Muhammadiyah, yang mencakup identitas Muhammadiyah, landasan normatif Muhammadiyah yang ada didalam Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah, Kepribadiaan Muhammadiyah, Matan keyakinan dan Cita-cita hidup Muhammadiyah. Dan landasan Operasional, yangdidalamnya ada Anggaran Dasar/ Anggaran Rumah Tangga Muhammadiyah, dan lain-lain. Serta memperkenalkan Ortom-Ortom yang ada di Muhammadiyah kepada peserta didik. Dan pada intinya Kemuhammadiyahan kan memperkenalkan Muhammadiyah kepada peserta didik maupun masyarakat luas.

2. Tujuan Pembelajaran
Dalam kemuhammadiyahan ini akan dikenalkan kepada peserta didik apa Muhammadiyah itu? Dan akan menanamkan atau menumbuhkan pada diri peserta didik rasa cinta kepada Muhammadiyah dan akan bangga menjadi kader-kader Muhammadiyah. Dan akan diajarkan isi pikiran-pikiran atau pelajaran KH.A.Dahlan.
Disini juga akan mengajak peserta didik untuk mengetahui bagaimana ajaran Islam yang sebenarnya, sebagiman tujuan Muhammadiyah itu sendiri yaitu memurnikan ajaran Islam swehingga terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya,sehing peserta didik jauh dari perbuatan Bid’ah dan perbuatan Syirik besar maupun Syirik kecil.


3. Metode Pembelajaran
Dalam menjalankan proses Belajar-Mengajar, maka insyaAllah akan dilaksanakan dengan cara atau metode :
 Pertama, Guru menerangkan materi pelajaran kemudian menerangkannya kepada peserta didik.
 Kedua, setelah langkah pertama selesai, maka akan dilanjutkan dengan pembentukan kelompok-kelompok untuk diskusi disetiap minggunya, jadi disetiap pertemuan pertama dan seterusnya maka setiap kelompok kan berbeda-beda orangnya. Supaya peserta didik bisa bersosialisasi dengan temannya yang lain, tidak dengan Cuma satu teman yang itu-itu saja. Dan insyaAllah pada pertemuan mendekati Mid Semester dan Akhir Semester maka akan dilakukan Review keseluruhan materi yang pernah disampaikan dan didiskusikan.
 Ketiga, Active Learning.

Catatan: Disetiap minggunya akan dilakukan variasi-variasi belajar yang lain, atau tidak dengan Cuma satu metode, guna menghindari kebosanan dan kejenuhan dari peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar