Jumat, 30 Juli 2010

Gubernur BI Apa Kebijakan Pertama Darmin?

Kamis, 29 Juli 2010 | 19:55 WIB
KOMPAS IMAGES/DHONI SETIAWAN
Darmin Nasution.
JAKARTA, KOMPAS.com — Darmin Nasution menyatakan kesiapannya langsung bekerja seusai terpilih menjadi Gubernur Bank Indonesia. Kemungkinan besar, kebijakan pertama yang bakal dikeluarkan Darmin pasca-terpilih sebagai Gubernur BI adalah kebijakan untuk menggenjot kredit melalui penerapan giro wajib minimum (GWM) berdasarkan loan to deposit ratio (LDR).

"Kami sudah finalisasi, jadi segera kami selesaikan," kata Darmin seusai mengikuti Sidang Paripurna DPR RI di Jakarta, Kamis (29/7/2010). Kebijakan ini akan dibundel dengan beberapa tawaran insentif BI bagi bank-bank yang memiliki rasio permodalan tinggi.

Namun, pemberian insentif untuk bank bermodal besar bukan inti kebijakan genjotan kredit tersebut. "Insentif CAR itu nanti sebagai tambahan saja. Yang terpenting kami membuat kebijakan GWM berdasarkan LDR," ucapnya.

Terkait dengan suara kalangan perbankan yang keberatan dengan kebijakan tersebut, Darmin bilang bahwa BI masih akan mempertimbangkannya. "Kalau ada beberapa bank yang katakan kesulitan mencapainya, itu nanti kita lihatlah," katanya. (Ruisa Khoiriyah/Kontan)
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2010/07/29/19553734/Apa.Kebijakan.Pertama.Darmin, jumat 30 juli 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar